Apa Saja Sih Tips Membuat Baterai Smartphone Awet dan Tidak Cepat Rusak?

0
175
tips baterai awet

Smartphone sudah menjadi perangkat yang paling umum digunakan di semua kalangan. Tanpa adanya smartphone, kebutuhan masyarakat tidak akan mudah terpenuhi. Kebutuhan-kebutuhan yang terkait seperti mencari hiburan, menyelesaikan pekerjaan, dan memenuhi apa yang diinginkannya.

Sekarang ini smartphone sudah bisa dipakai untuk memesan makanan, pesan ojek, dan membuka email, sehingga penggunanya tidak mudah melepaskan smartphone, bahkan membawanya setiap saat. Karena fungsinya sudah cukup penting, setidaknya Anda harus bisa merawat baterainya agar tetap awet digunakan.

Kalau Anda terus menerus melakukan kebiasaan yang salah, tentu usia baterai smartphone tidak akan lama dan harus segera diganti dengan yang baru. Berikut beberapa caranya untuk merawat baterai smartphone yang tepat.

  • Jangan Terlalu Lama Digunakan

Smartphone merupakan perangkat yang cukup penting dan penggunanya pastinya membawanya ke mana-mana setiap waktu. Ketika kita sedang bosan, kita bisa membuka aplikasi game untuk mengurangi rasa jenuh kita, apalagi ketika kita sedang tidak ada pekerjaan apapun. Tidak jarang juga kita berselancar di dunia maya untuk mencari informasi atau untuk hiburan semata saja.

Tapi, usahakan Anda menggunakannya tidak terlalu lama karena suhu baterai smartphone sangat sensitif dan cepat panas. Memang tidak semua smartphone tidak mudah panas, hanya saja untuk menjaga kesehatan baterainya, sebaiknya Anda tidak berlama-lama menggunakannya.

Batasi waktu pemakaiannya, sekitar maksimal 1 jam, sehingga membuatnya tidak cepat panas.

  • Charge Baterai Sebelum 0%

Ketika kita sedang asyik-asyik bermain game atau membuka sosial media, tentu daya baterai akan cepat habis, sehingga tanpa sadar sudah sampai 0%. kebiasaan buruk yang satu ini adalah kendala utama baterai smartphone tidak awet. Meskipun Anda berpikiran hanya sesekali saja melakukannya, tapi tetap saja mengisi baterai smartphone ketika sudah sampai 0% membuatnya cepat rusak.

30% sampai 50% adalah angka terbaik untuk mengisi dayanya. Jadi, usahakan ketika sudah mencapai angka tersebut, Anda bisa langsung mengisi daya baterainya.

  • Tidak Perlu Menunggu Sampai 100%
cara agar baterai tidak cepat rusak

Sebagian besar pengguna smartphone pasti menganggap kalau mengisi baterai sampai 100% adalah cara yang paling baik. Tapi sebenarnya, menunggunya sampai 100% adalah cara yang salah. Kenapa? Karena kalau Anda membiarkannya sampai 100%, justru usia baterai bisa semakin berkurang kemampuannya.

Tidak perlu menunggu diisi sampai 100%, cukup sampai 99% saja, baterai sudah bisa digunakan. Kapasitas baterai smartphone yang paling wajar dan bagus yaitu sekitar 80 sampai 90%. Di angkat tersebut, usia baterai tentu bisa tetap awet dan sehat.

  • Gunakan Charge Aslinya

Ketika kita sedang kepepet dan tidak membawa charger, tidak jarang kita meminjam charger teman. Kebiasaan yang satu ini lebih baik Anda kurangi, bahkan perlu dihindari karena membuat baterai smartphone Anda tidak sehat. Daya atau kapasitas yang dialirkan melalui charger tentu berbeda-beda setiap smartphone, sehingga kalau tidak sesuai bisa mengakibatkan baterai cepat rusak.

Usahakan saja selalu membawa charger ke manapun untuk menghindari meminjam charger. Dan jangan lupa gunakan charger bawaan aslinya agar baterai tidak cepat rusak.

  • Jangan Sering Memakai Power Bank
merawat baterai

Power bank digunakan untuk mengisi baterai ketika kita sedang traveling atau sedang berada di jalan yang tidak menemukan colokan. Meskipun bisa dipakai untuk mengisi daya baterainya, tetapi kebiasaan ini tidak sehat untuk baterai smartphone.

Secara tidak sadar kita memaksa baterai untuk mengisi dan kapasitas yang diberikan tentu tidak sama dengan yang seharusnya. Kalau dilakukan terus menerus, tentu baterai cepat rusak.

Kalau sudah mengetahui cara-cara merawat baterai smartphone, lebih baik Anda terapkan langsung. Pastinya Anda ingin smartphone Anda bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama dan tetap aman privasinya, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here