Bagaimana Cara Menjaga Baterai Laptop Agar Tetap Awet Lama?

0
208

Laptop sudah menjadi perangkat penting yang banyak digunakan di berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, sampai para pekerja kantoran, dan sejenisnya. Untuk anak-anak sekolah, biasanya mereka menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas sekolahnya, begitu juga dengan anak mahasiswa yang sering memakai laptop untuk mengerjakan skripsi.

Tapi, agar semakin awet digunakan, tentu kita harus menjaga kesehatan baterainya. Sebenarnya untuk merawat baterai laptop tidak sesulit yang kita bayangkan. Namun, kalau kebiasaan dari hal yang sepele saja kita sudah salah, tentu ketahanan baterai tidak akan lama atau cepat rusak.

Cara Menjaga Baterai Laptop Agar Tetap Awet Lama

Baterai laptop ada yang bisa dilepas dan sudah terpasang di sistem laptopnya sehingga tidak bisa dilepas. Meskipun jenis baterainya berbeda, tapi kalau kita merawatnya dengan baik maka kesehatannya juga akan semakin lama. Berikut beberapa poin yang harus Anda lakukan agar baterai laptop tetap awet digunakan.

  • Perhatikan Cara Charge Laptop Yang Benar
Cara Charge Laptop Yang Benar

Ketika kita mengisi baterai laptop, tidak jarang kita membiarkannya saja sampai penuh. Meskipun sudah penuh, tetap saja kita terus mencoloknya yang membuatnya menjadi over charge. Kelebihan pengisian daya baterai laptop memang sangat tidak disarankan karena bisa mengurangi usia baterai.

Kalau laptop Anda memiliki teknologi yang dikhususkan untuk mengatasi over charge, sebenarnya tidak menjadi masalah. Tapi, usahakan saja kalau pengisian dayanya sudah penuh, lebih baik Anda copot saja kabelnya. Hal tersebut tentu untuk menjaga usia baterai agar tetap awet.

Jangan lupa juga letakan adaptornya di tempat yang suhunya stabil, seperti di lantai atau permukaan datar lainnya. Kalau diletakan di tempat adaptor yang cepat panas, tentu bisa merusak usia baterainya.

  • Perhatikan Suhu Laptop

Suhu merupakan faktor yang cukup sensitif untuk sebagian jenis laptop, karena menjadi masalah utama yang banyak terjadi pada rusaknya baterai laptop. Suhu laptop harus bisa terus dijaga, karena jika terlalu panas, maka membuat sistem baterainya cepat rusak, bahkan kalau kondisi terburuknya bisa terbakar.

Memang untuk mengatasi laptop yang mudah panas, banyak vendor laptop menanamkan fitur khusus supaya suhunya bisa lebih diatur dan tidak cepat panas. Tapi, kalau dari pengguna sendiri tidak bisa menjaga suhu laptopnya, sama saja akan membuat baterai cepat rusak.

Untuk mengatasinya, Anda haruslah meletakan laptop di tempat yang permukaannya datar dan tidak halus. Hindari meletakannya di atas selimut, kasur, atau bantal karena membuat suhu baterai cepat naik.

  • Mengisinya Jangan Tunggu Sampai Baterai Habis
Jangan Tunggu Sampai Baterai Habis

Tidak jarang dari penggunanya yang mengisi baterai laptop menunggu sampai habis dulu. Kebiasaan yang satu ini juga menjadi penyebab utama baterai laptop cepat rusak. Ketika dayanya sudah mencapai 0%, barulah mereka mengisi dayanya. Pada awalnya mungkin karena lupa atau keasyikan menggunakan laptop hingga baterai 0%. Tapi kalau dibiarkan terus menerus bisa membahayakan kesehatan baterainya.

Ada penelitian yang sudah membuktikan kalau Anda mengisinya setelah 0%, maka usia baterai akan semakin pendek, sehingga batas penggunaannya meskipun sudah 100% pun bisa cepat berkurang.

Usahakan saja ketika sudah mencapai 30%, Anda langsung mengisi baterainya. Di angka tersebut adalah angka yang paling normal untuk mengisi baterai laptop. Kalau memang Anda tidak menemukan colokan kabel, lebih baik Anda matikan saja terlebih dahulu, sehingga baterai pun aman tersimpan.

Ketiga cara di atas adalah solusi yang paling umum dipakai untuk merawat baterai laptop. Biasakan menggunakan cara di atas agar usia baterai Anda tetap awet dan lebih tahan lama. Tetap berhati-hati mengatasi masalah pada baterai laptop, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here