Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung Yang Jarang Digunakan

0
508

Pada sebuah ponsel pintar, banyak sekali aplikasi dan fitur yang bisa kita gunakan dan operasikan. Ada aplikasi yang memang kita unduh sendiri, seperti aplikasi media sosial, macam Facebook, Whatsapp, dan lain sebagainya, ada juga aplikasi bawaan yang memang sudah ada dari sananya. Sama halnya dengan kebanyakan vendor pengembang ponsel pintar, Samsung juga membekali perangkat yang dikembangkannya dengan aplikasi-aplikasi bawaan atau bisa disebut juga dengan istilah bloatware.

 

Apa itu Bloatware?

Sedikt berbeda dengan aplikasi asli yang ada di Android, aplikasi-aplikasi yang disebut dengan bloatware sebenarnya merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dipasang oleh manufaktur, atau bisa disebut dengan istilah bundled software. Sebenarnya, aplikasi ini bertujuan untuk memberikan tambahan kegunaan dan fitur spesifik ke dalam perangkat.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan HP Samsung

Namun, karena beberapa hal termasuk kemampuan spesifiknya, si bloatware ini sering tidak begitu terpakai oleh para penggunanya. Bahkan, beberapa di antara mereka ingin menghapusnya. Dan yang menjadi salah satu kendala besarnya adalah bahwa aplikasi-aplikasi ini tidak bisa dihapus dengan cara yang wajar, karena ada proteksi yang dipasang oleh pihak pengembangnya. Tapi masih ada upaya yang bisa kamu lakukan untuk menembus proteksi tersebut, berikut ini ada tiga cara hapus aplikasi bawaan HP Samsung yang bisa kamu gunakan :

  • Gunakan fitur Disable
    Kamu cukup buka menu Settings, pilih opsi Apps, lalu geserkan ke sebelah kanan hingga muncul tab All category.
    Di halaman itu, tinggal kamu cari aplikasi bawaan yang mau kamu hentikan aktivitasnya. Tahan agak lama ikon aplikasi yang dimaksud, dan pilih “Disablei” setelah muncul pilihan tersebut. Kamu akan diberi pesan peringatan untuk tidak men-disable aplikasi yang penting. Tak perlu khawatir, jika kamu sudah yakin, tinggal klik OK atau abaikan saja. Memang tidak semua aplikasi bawaan bisa di-disable semau kita. Kamu tidak bisa menggunakan fitur ini pada aplikasi-aplikasi utama Samsung seperti Samsung, Themes, SmartThings, atau Galaxy Apps.
    Dengan melakukan disable, maka berbagai aplikasi bawaan yang sudah tidak aktif lagi tersebut tidak akan ikut menghabiskan daya baterai kamu, atau membuat smarphone kamu menjadi lemot. Namun, meskipun sudah di-disable, memori kamu akan tidak bertambah, karena aplikasi bawaan tersebut tetap memakan tempat di memori kamu.
  • Gunakan ADB
    Cara ini sedikit rumit dan beresiko terjadi eror pada sistem Android yang ada di perangkat tersebut, terutama bagi para pengguna awam. Perlu diperhatikan juga, tidak semua aplikasi bawaan Samsung merupakan aplikasi yang tidak dipakai dan aman untuk dihapus. Bisa jadi aplikasi yang nampaknya tidak bermanfaat itu bekerja di belakang layar agar perangkat dapat berjalan dengan semestinya.

 

  • Menggunakan Root
    Menghapus aplikasi bawaan menggunakan Root juga memiliki resiko yang sangat berbahaya. Selain bisa membuat sistem jadi eror, hal ini juga memperbesar kemungkinan peluang serangan digital, seperti peretasan virus, dan pencurian data.

Untuk meminimalisir kerusakan atau eror pada ponsel pintar kamu, lebih baik kamu melakukan ‘disable’ saja pada beberapa aplikasi bawaan yang kamu anggap bisa di-disable. Demgan melakukan disable, maka berbagai aplikasi bawaan yang sudah tidak aktif lagi, tidak akan ikut menghabiskan daya baterai kamu, atau membuat smarphone kamu menjadi lemot. Namun, meskipun sudah di-disable, memori kamu tidak akan bertambah, karena aplikasi bawaan tersebut tetap memakan tempat di memori kamu. Langkah aman ini lebih direkomendasikan buat kamu, agar ponsel pintar Samsung kamu lebih awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here