Cara Melegakan RAM di PC dan Laptop

0
414

Cara Membersihkan RAM – Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan RAM merupakan salah satu komponen hardware penyimpanan komputer yang fungsinya untuk menyimpan data sementara sebelum di proses oleh CPU.

Di negara kita sendiri kebanyakan pengguna komputer dan laptop rata–rata memakai RAM dengan kapasitas 2GB atau 4GB yang sudah cukup untuk penggunaan office dan penggunaan ringan lainnya. Namun nyatanya dengan kapasitas RAM yang hanya segini akan membuat RAM cepat full?

Bagi pengguna PC dan Laptop low-end pastinya kerap kali menemukan masalah yang membuat perangkat mengalami crash dan hang. Salah satu yang menjadi penyebab masalah ini adalah kapasitas memory RAM yang terlalu kecil, sehingga kinerja perangkat akan terganggu. Apalagi anda harus mengupgrde RAM anda dan akan menambah baiya pengeluaran anda.

Cara Membersihkan dan Melegakan RAM

1. Install Ulang Sistem Operasi & Format Harddisk

Opsi pertama yang bisa anda coba yaitu dengan melakukan install ulang sistem operasi dan juga format semua data harddisk pada komputer. Karena dengan full format harddisk akan menghapus semua data dan virus yang memakan resource RAM tanpa anda ketahui.

2. Disable Aplikasi & Startup Service Yang Tidak Perlu

Pada perangkat komputer dan laptop biasanya ada software dan startup service yang secara otomatis berjalan di background saat komputer booting atau dinyalakan.

Untuk pengguna selain Windows 10 bisa mendisable software dengan cara tekan tombol Windows+R > ketik Msconfig > klik tab startup > lalu disable software dan service yang tidak di perlukan. Tapi, jika anda pengguna Windows 10 bisa dilakukan pada menu Startup di task manager dan melalui tab service windows dengan cara centang pada “hide all microsoft windows service”, lalu klik disable.

3. Lakukan Scaning Virus

Perlu anda ketahui, virus juga bisa membuat kapasitas RAM yang terpakai semakin banyak. Walaupun pada umumnya virus biasa di pakau untuk tujuan untuk merusak file–file bahkan memonitor segala aktivitas pada komputer yang terinfeksi. Karena virus berjalan di background dengan cara sembunyi, maka biasanya user tidak akan sadar jika komputer sedang terinfeksi virus.

Salah satu virus yang sering ditemukan di windows yaitu svchost. Jika komputer sudah terkena virus tersebut, maka komputer anda akan sulit untuk di perbaiki. Solusi paling tepat yaitu dengan melakukan scanning virus secara menyeluruh.

4. Kurangi Visual Effect pada Windows

Bagi pengguna Windows versi 7 ke atas, biasanya ada fitur visual effect yang dapat memperindah tampilan Windows anda. Namun, juga akan memberakan kinerja komputer dengan memakai resource RAM. Maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan mematikan semua effect tersebut.

Anda bisa menonaktifkan fitur visual effect dengan cara, masuk System Properties > Advanced System Setting > klik Setting pada bagian Performance dan hilangkan centang pada visual effect.

5. Uninstall Software yang tidak Di terpakai

Melakukan uninstall software yang sudah lama tidak dipakai adalah hal yang wajib, selain dapat menghemat RAM juga bisa menambah kapasitas kosong pad harddisk. Untuk uninstall software bisa melalui Control Panel  > Program and Features > Uninstall Program. Atau menggunakan software pihak ketiga.

6. Upgrade RAM

Mengupgrade RAM adalah cara terakhir dan yang paling ampuh untuk mengatasi RAM penuh pada komputer atau laptop. Opsi untuk melakukan upgrade RAM sebetulnya pilihan opsional saja dan bisa disesuaikan dengan pemakaian.

Namun, jika anda memakai laptop, anda harus mengerti jenis dan kecepatan RAM yang sudah ada pada laptop. Karena jika salah dalam memili RAM laptop malah akan bisa memperburuk keadaan bahkan laptop tidak bisa menyala. Jika tidak mau ribet dengan penggantian RAM anda bisa membawa laptopnya ke tempat service center terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here