Cara Membeli Token Listrik di Tokopedia dan BukaLapak

0
577

Berbagai transaksi atau kegiatan ekonomi kini tidak hanya bisa dilakukan dengan transaksi langsung atau tunai. Ada pula model transaksi yang sekarang banyak digunakan oleh masyarakat, yaiut transaksi elektronik atau transaksi non-tunai. Berbagai macam transaksi non-tunai dengan bantuan aplikasi digital ini memang mempermudah orang-orang yang menggunakannya untuk membeli atau menjual barangnya.

Salah satunya adalah membeli token listrik. Membeli token listrik kini dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui bantuan berbagai macam aplikasi market place seperti Tokopedia dan Buka Lapak. Terhitung sejak 2008, PLN atau Perusahaan Listrik Negara telah melakukan upaya perpindahan model transaksi dari penggunaan listrik pascabayar menjadi listrik prabayar. Model ini merupakan sebuah sistem langganan listrik yang mengharuskan penggunanya melakukan pembayaran di muka dengan sistem token atau voucher isi ulang.

Dengan sistem ini para pengguna dapat lebih menghemat konsumsi listriknya karena para pelanggan cukup membayar biata sesuai dengan penggunaan daya listrik yang mereka butuhkan. Beberapa market place yang bekerjasama dengan PLN untuk melakukan pembayaran non-tunai ini adalah Tokopedia dan Buka Lapak, yang memiliki pangsa pasar luar biasa besar. Melalui dua platform toko online ini, para konsumen listrik dapat dengan mudah membayar token listrik di mana pun dan kapan pun. Para konsumen cukup masuk ke salah satu platform tersebut dan melakukan transaksi pembelian.

Cara Membeli Token Listrik di Tokopedia dan Bukalapak

Untuk kamu, yang ingin tahu lebih detil mengenai langkah-langkah dan cara membeli token listrik di Tokopedia atau Bukalapak, artikel ini akan coba mengulas langkah-langkah mudah membeli token listrik secara online melalui aplikasi Tokopedia dan Bukalapak. Berikut ulasannya :

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia atau Bukalapak, lalu buka halaman pembelian token listrik.
  • Berikutnya, ubah pilihan ke “Token Listrik” jika kamu mengaksesnya melalui aplikasi Tokopedia, dan pilih “Prabayar” jika kamu mengaksesnya melalui aplikasi Bukalapak.
  • Masukkan Nomor Meter atau ID pelanggan pada kolom yang disediakan.
  • Kemudian, pilih besaran nominal yang ingin kamu beli dan klik “Beli” jika kamu mengaksesnya melalui Tokopedia dan klik “Beli Token” jika kamu mengaksesnya melalui aplikasi Bukalapak. Lalu, tekan “Lanjut” pada halaman konfirmasi yang akan muncul.
  • Kamu akan diminta memilih metode pembayaran yang akan digunakan, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan pada halaman yang muncul.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yan kamu pilih.
  • Setelah selesai melakukan transaksi pembayaran, kamu bisa melihat token listrk yang sudah kamu beli melalui “Daftar Transaksi” jika kamu mengaksesnya melalui Tokopedia, atau pada pilihan “Transaksi” jika kamu mengaksesnya melalui aplikasi Bukalapak.

Sebenarnya, tidak hanya dua platform toko online itu saja yang bisa kamu gunakan untuk membeli token listrik. Sudah banyak juga aplikasi yang bisa mengakomodir keperluan kamu untuk membeli token listrik, seperti misalnya TCASH dari Telkomsel, Gojek, Ovo, dan masih banyak lagi.

Kemudahan bertansaksi melalui transaksi non-tunai ini selain praktis dan mudah, juga bisa menolong kamu pada saat kondisi yang mendesak, seperti misalnya pada saat listrik rumah kamu mati karena kehabisan daya, sedangkan di kompleks rumah kamu sedang hujan besar, sehingga kamu kesulitan untuk keluar rumah, dengan bantuan transaksi non-tunai ini, kamu jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli token listrik. Semoga ulasan singkat ini bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan untuk mengisi token listrik dengan metode non-tunai. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here