Cara Menyimpan Video Dari Status WA Dengan Mudah

0
439

Pengguna telpon pintar alias smartphone pasti tak asing lagi dengan aplikasi pesan instan bernama Whatsapp. Aplikasi milik Facebook ini memang ramai digunakan oleh banyak orang. Selain berguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi, Whatsapp juga memiliki fitur bernama “Status” yang memungkinkan si penggunanya memajang foto, gambar, video pendek, atau GIF di sana, mirip dengan fitur Instagram Stories pada aplikasi Instagram.

Status Whatsapp ini juga akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam, sama seperti fitur Instagram Stories di aplikasi Instagram. Terkadang status Whatsapp lain yang kamu lihat milik teman menarik perhatian kamu dan kamu ingin menyimpannya. Mungkin jika konten di status itu berformat gambar atau foto, kamu cukup men-screenshoot saja. Namun, jika status itu berupa video atau GIF, bagaimana caranya agar kamu bisa memilikinya tanpa harus meminta konten tersebut dengan memintanya langsung pada si pengunggah?

Sebenarnya kamu bisa mengunduh video di status Whatsapp teman kamu itu dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga. Namun, ada cara yang lebih mudah lagi tanpa harus repot-repot mengunduh aplikasi pembantu di Play Store. Mau tahu caranya? Berikut ini akan dibagikan langkah-langkah dan cara menyimpan video dari status Whatsapp. Mari simak bersama.

  • Buka aplikasi File Manager di ponsel kamu
    Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah, nama aplikasi file manager di beberapa merk ponsel agak sedikit berbeda. Di ponsel merk Samsung, misalnya, aplikasi file manager-nya bernama My Files, di ponsel bermerk Xiaomi aplikasi ini bernama File Manager.
    Meski demikian, kamu jangan khawatir, karena langkah-langkah untuk menyimpan status di Whatsapp ini tidak jauh berbeda antara satu aplikasi file manager dengan aplikasi lain di ponsel yang berbeda merk

  • Masuk ke menu Pengaturan
    Setelah kamu masuk ke aplikasi file manager, langsung masuk ke menu pengaturan aplikasi tersebut. Di aplikasi My Files, kamu bisa mengakses menu pengaturan dengan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu pilih menu “Settings”.
  • Aktifkan pilihan “Show Hidden Files”
    Dengan aktifnya pilihan “Show Hidden Files”, aplikasi “My Files” akan menampilkan beberapa folder dan file yang tersembunyi di media penyimpanan internal.

  • File Manager
    Kembali ke menu awal aplikasi File manager. Kemudian, pilih menu “Internal Storage”. Kamu bisa menemukan pilihan menu ini di kolom “Phone”.
  • Pilih folder “Whatsapp
    Pada halaman yang sudah muncul, kamu akan melihat daftar folder dan file yang ada di media penyimpanan internal. Gulir layar ke bawah hingga kamu menemukan folder “Whatsapp”, lalu pilih folder tersebut.
  • Pilih Folder “Media”
    Di folder Whatsapp ini, kamu cari dan pilih folder dengan nama “Media”, kemudian pilih “Stauses”. Di folder inilah kamu akan menemukan gambar atau video yang berasal dari status-status yang muncul di lini masa fitur Status Whatsapp kamu.
    Sebagai tambahan informasi, kamu hanya bisa menyimpan video atau gambar di folder ini dari status Whatsapp yang sudah kamu lihat saja. Karena hanya status yang sudah kamu lihat saja yang tersimpan dalam folder “Statuses” ini.
  • Salin dan pindahkan
    Setelah kamu memilih status yang akan kamu ambil di folder “Statuses”, kamu tinggal menyalin atau memindahkan file tersebut ke folder lain yang bisa kamu akses dengan mudah.

Cara ini terbilang mudah dan tidak begitu ribet, karena kamu cukup membuka satu fitur saja, jika dibandingkan dengan memnggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga yang harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here