Inilah Teknologi yang Ternyata Hasil dari Kegagalan

0
182

Teknologi merupakan bentuk kemajuan di masyarakat yang pastinya selalu berubah-ubah setiap saat. Tanpa disadari, kamu pun bisa mendapatkan perubahan teknologinya dalam beberapa kurun waktu tertentu saja. Sudah banyak contoh dan bukti nyata yang hadir di masyarakat dalam penggunaan teknologi.

Mungkin ada sebagian teknologi yang hadir di masyarakat merupakan buatan para ahli agar kehidupan manusianya semakin dipermudah. Tapi, ternyata ada juga teknologi yang dibuat tanpa disadari manusianya, sehingga hasil yang gagal pun bisa menjadi hal yang berguna untuk kehidupan manusia lainnya.

Meskipun kegagalannya tidak disangka-sangka, hasil beberapa teknologi yang gagal di bawah ini menjadi bukti bahwa mereka tidak bisa terlepas dari hidup manusia.

  • Microwave

Salah satu peralatan memasak ini biasanya digunakan untuk memanaskan makanan. Tidak jarang juga microwave dipakai untuk memanggang makanan yang porsinya lebih kecil. Tapi tahukah kamu kalau alat ini menjadi salah satu hasil kegagalan dari seorang pelayar?

Ya, percaya atau tidak, microwave merupakan hasil penemuan yang tidak disengaja oleh seorang pelayar dengan nama Percy Spencer. Menurut kabar yang beredar, Percy yang sedang bosan memainkan saja gelombang pemancar yang bervolume mikro. Mulanya ia hanya niat membekukan cokelat yang mau ia makan, tapi ternyata justru sebaliknya.

Cokelat tersebut justru meleleh dan menjadi cair. Berkat penemuannya yang secara tidak sengaja itu, akhirnya microwave ini dikenal sampai sekarang sebagai penghangat makanan.

  • Rontgen

Alat rontgen biasanya digunakan para dokter untuk memeriksa kondisi organ dalam pasiennya. Bisa terlihat dengan jelas bagaimana kondisi kesehatan pasiennya hanya dengan menggunakan alat ini saja. Tapi ternyata, alat ini pun bukan termasuk teknologi yang dibuat secara sengaja, melainkan termasuk penemuan yang gagal tapi membawa dampak yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Saat itu, seorang ahli kesehatan yang bernama Wilhelm Roentgen sedang mencoba-coba memainkan percobaannya dengan menggunakan sinar katoda. Bahan yang menjadi percobaannya yaitu memakai kardus neon yang sudah dilapisi beberapa kardus yang cukup tebal.

Tapi nyatanya, kardus yang diberi neon itu menyala meski pun kardus yang menjadi lapisannya sudah sangat tebal. Hal itu disebabkan oleh sinar katoda yang membuat suatu benda bisa tembus hingga ke dalamnya. Seiring berjalannya waktu, lahirlah alat rontgen yang bisa menembus kulit manusia. Hingga sekarang, alat ini sangat berguna untuk mengetahui masalah organ dalam manusia.

  • Anestesi

Anestesi merupakan cairan yang dipakai untuk mematikan rasa sakit dan pada umumnya hanya dipakai di dunia permedisan. Tidak heran saat dokter mau melakukan proses operasi, pasiennya diberikan suntikan ini agar tidak merasakan sakit saat dibedah.

Cairan ini juga termasuk teknologi yang secara tidak sengaja ditemukan dan penemuannya dilakukan oleh Crawford Long, Charles Jackson, serta Willian Morton. Ketiga orang tersebut mencoba mencampurkan beberapa jenis senyawa, seperti gas tertawa. Karena secara tidak sengaja mencampurkannya dengan senyawa lainnya, akhirnya anestesi inilah hadir.

  • Plastik

Plastik sering kali kita pakai untuk menjadi wadah sementara meletakan barang-barang akan dibawa. Saat sedang membeli sesuatu dari pasar atau supermarket pun pasti kita sering diberikan plastik agar bawaan kita menjadi gampang dibawa pulang.

Tapi ternyata, plastik juga termasuk teknologi yang secara kebetulan ditemukan. Leo Hendrik yang saat itu sedang mencari alternatif mengatasi masalah kerusakan lingkungan akibat bahan shellac, secara tidak sengaja ia menemukan plastik saat ditengah-tengah percobaannya.

Beberapa teknologi yang tidak sengaja ditemukan seperti di atas tentu sampai sekarang menjadi alat yang sulit dilepaskan di kehidupan manusia. Hal itu sudah menjadi bukti bahwa kegagalan pun bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here