Laptop Suka Mati Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya

0
279

Hampir semua aktivitas menggunakan laptop karena mudah dibawa ke mana-mana dan tidak memakan banyak ruang untuk disimpan ke dalam tas. Bahkan sebagian besar anak mahasiswa membawa laptopnya ke kampus untuk berbagai keperluan kampus, seperti mencatat pelajaran, presentasi, membuat tugas kuliah, sampai membuat skripsi.

Laptop mati sendiri

Terkadang, saat kita sedang di tengah-tengah menggunakannya, kita dibuat jengkel karena laptop tiba-tiba mati sendiri. Tentu situasi tersebut membuat kita panik, apalagi kerjaan yang kita buat belum di simpan. Belum lagi kalau kondisi tersebut membuat laptop memang benar-benar tidak bisa menyala lagi. Kalau pun dibetulkan, tentu media penyimpanannya juga akan ikut terhapus.

Tidak jarang kita harus membawanya ke tukang service agar laptopnya bisa digunakan kembali. Tapi, ada baiknya kalau kamu mengeceknya sendiri dulu. Siapa tahu penyebabnya adalah masalah sepele yang bisa kamu betulkan sendiri. Berikut beberapa penyebabnya.

  • Overheat
laptop overheat

Overheat atau kepanasan adalah kondisi di mana laptop sedang mengalami peningkatan suhu yang sangat drastis. Ketika kita terlalu lama menggunakannya, apalagi menjalankan software berat, seperti game-game yang bisa menghabiskan banyak baterai dan sistem, tentu laptop menjadi gampang panas.

Kalau laptop kamu tidak diberikan fitur khusus untuk mengatasi overheat, sebaiknya kamu perhatikan suhunya agar tidak terlalu panas. Kalau kamu memang tidak menggunakan software yang berat dan hanya dipakai untuk mengetik saja tapi laptop tetap mati karena panas, kamu perlu mengecek lubang ventilasinya.

Bisa jadi lubangnya tersumbat dan perlu dibersihkan. Bisa juga karena kamu menaruh laptop di tempat yang tidak rata, sehingga lubangnya tertutup.

  • Kipas Pendingin Kotor

Penyebab yang paling umum terjadi adalah kipas pendingin untuk processornya kotor. Kipas tersebut memang sengaja diletakan di dekat processor agar udara panas tidak berkumpul di sekitar perangkat processornya. Tentu saja udara tersebut sudah bercampur dengan debu, sehingga kalau lama kelamaan dibiarkan, debu akan semakin menumpuk di sekitar kipasnya.

Kalau kamu tidak membersihkannya secara rutin, maka kinerja kipasnya tidak bisa maksimal, sehingga membuat laptop kamu akan cepat mati karena overheat. Kalau sudah terlalu parah debunya, tentu laptop akan mati total dan kamu perlu mengganti processor yang baru lagi.

  • Pasta Processor Mengering
thermat pasta mengering

Pasta untuk processor ini berguna mengurangi panas, bahkan menghambat panas yang dihasilkan processor yang nantinya mengarah ke heatsink. Heatsink ini berbahan logam alumunium dan tembaga yang gunanya untuk menyalurkan panas ke seluruh bagian yang lebih luas.

Kalau kamu mengecek pastanya sudah mengering, sudah dipastikan kalau panas yang dihasilkan bisa menuju ke heatsink. Jika sudah sampai ke heatsink, tentu bisa berdampak yang cukup berbahaya bagi processornya. Akibatnya, laptop akan mati dengan sendirinya dan kalau sudah sampai parah, kamu harus mengganti mesin processor seluruhnya.

  • RAM Kotor

RAM yang berada di dalam bodi laptop tidak terhindar pula dari debu atau kotoran. RAM sangat penting untuk menambah kinerja laptop untuk lebih kencang lagi. Kalau kamu tidak memperhatikan kesehatannya, RAM tidak akan berjalan dengan baik, bahkan bisa berakibat laptop mati dengan sendirinya.

Karena itu, kamu perlu mengecek secara berkala apakah RAM kamu bersih atau kotor. Kalau sudah kotor, cepat-cepatlah dibersihkan. Tapi jangan sembarang membersihkannya karena perlu penghapus saja untuk membersihkan kotorannya. Selain kotor, RAM yang berkarat juga bisa membuat laptop mati. Jadi, kamu harus menggantinya atau mengupgradenya.

Itulah beberapa penyebab yang umum terjadi. Jadi, pastikan dulu sendiri, karena siapa tahu kamu bisa memperbaikinya sendiri. Daripada masalah sepele yang bisa kamu betulkan sendiri dibawa ke tukang service, tentu kamu harus mengeluarkan uang yang terkadang tidak sedikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here