Menjaga Privasi Di Smartphone? Apakah Penting

1
197

Smartphone sudah menjadi barang yang tidak gampang dilepaskan dari kehidupan kita. Hampir semua kalangan menggunakannya, entah itu anak-anak muda sampai orang dewasa. Sebagai piranti serba guna, smartphone sering kali dibawa ke mana pun dan kapan pun. Bahkan untuk memanjakan penggunanya yang menyukai bawah laut, sudah diberikan fitur khusus yang membuat smartphone bisa bertahan di air.

Sebagian besar penggunanya menggunakan smartphone sepanjang waktu, apalagi fasilitasnya yang sangat komplit untuk menghibur waktu sehari-sehari. Mulai dari membayar tagihan, memesan tiket perjalanan, memesan ojek, atau berbelanja bisa kamu dapatkan dengan gampang melalui smartphone.

Tapi, masih saja ada penggunanya yang lalai dalam menjaga privasinya sehingga data-data pada smartphone mereka digunakan untuk hal yang tidak menyenangkan. Kalau kamu termasuk pengguna yang masih ragu pentingnya menjaga keamanan data pribadi, berikut alasan-alasannya.

  • Foto Pribadi Bisa Disalah Gunakan

Smartphone sering kali dipakai untuk mengabadikan sebuah moment yang penting, entah itu bersama keluarga, sahabat, atau pacar. Pastinya ada banyak moment yang terfoto di kamera smartphone kamu dan tidak terhitung lagi jumlahnya.

Kalau kamu tidak menjaga smartphone milikmu dengan baik, tentu orang lain bisa saja mencuri foto-foto kamu untuk dipakai hal yang tidak menyenangkan. Banyak kasus penyalahgunaan foto pribadi yang beredar, seperti membuat akun palsu dan sebagainya, sehingga bisa menjadi pelajaran buatmu harus berhati-hati dan tidak lalai mempergunakannya.

  • Data Rahasia Bisa Di Perjual Belikan

Bagi para pengusaha atau orang kantoran, smartphone menjadi kebutuhan penting untuk menerima data-data rahasia dari klien mau pun perusahaan. Biasanya media yang dipakai menerima data tersebut adalah email. Seperti yang kita ketahui, email sangat mudah diretas kalau kita tidak berhati-hati menjaga smartphone kita.

Kalau sudah terbobol, tentu data rahasia dari email kamu bisa diambil dan jika memang sangat penting bisa menjadi bahan jual beli. Jangan sampai pekerjaanmu menjadi hilang atau rugi akibat kelalaian menjaga privasi smartphone kamu.

  • Nomor Telepon Sebagai Alat Penipuan

Untuk melindungi smartphone dari tangan yang salah, semua vendor memberikan fasilitas pengaman dalam bentuk PIN, password, atau sidik jari. Tentu dengan adanya keamanan tersebut, smartphone kamu bisa semakin terlindungi dari orang yang salah. Kalau kamu tidak menggunakannya, tentu orang yang tidak bertanggung jawab bisa mengambil nomor teleponmu atau teman-temanmu untuk hal yang tidak menyenangkan.

Banyak kasus penipuan akibat dari pencurian nomor ponsel, sehingga pemiliknya yang tidak mengetahuinya bisa menjadi korban penyalahgunaan nomor ponsel. Beberapa kasus yang marak terjadi akibat pencurian nomor telepon adalah minta pulsa, pinjam uang, atau korban kecelakaan. Maka dari itulah, kamu harus waspadai siapa yang meminjam smartphone kamu.

  • Akun Dicuri

Smartphone tentu bisa saja terhubung dengan akun-akun tertentu, seperti media sosial, email, atau yang tidak jarang adalah online store. Akun-akun tersebut pasti akan menyimpan data username dan kata sandimu, sehingga smartphone pun akan ikut menyimpannya juga sebagai data enskripsi.

Kalau akun tersebut terbobol, tentu data-data penting di dalamnya bisa diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya data penting tersebut meliputi tanggal kelahiran, alamat rumah, bahkan sampai nomor rekening atau kartu kredit.

Jika nomor kartu kamu tercuri, maka uang kamu bisa dipakai untuk hal-hal yang tidak kamu lakukan tapi orang lain yang membelinya.

Dari semua alasan tersebut, tentu membuat kamu semakin yakin kalau menjaga data pribadi smartphone sangat penting. Jangan sampai kamu lalai menjaganya, karena keamanan smartphone adalah nomor satu yang harus kamu lakukan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here